Entri Populer

Minggu, 10 Oktober 2010

KOMUNIKASI DAN KONSELING DALAM PRAKTIK KEBIDANAN PADA IBU HAMIL

blogspot-febrizal.blogspot.comBAB I
TEORITIS

KOMUNIKASI DAN KONSELING DALAM PRAKTIK KEBIDANAN
PADA IBU HAMIL

Konseling yang diberikan oleh bidan pada trimester dan kedua adalah pemberian informasi tengtang perubahan yang terjadi pada perubahan janin sesuai dengan usia kehamilan, serta perubahan yang terjadi pada ibu sendiri dan pencegahannya setiap wanita hamil menghadapi resiko komplikasi yang bisa mengancam jiwanya selama periode kehamilan.
Adapun pelaksanaan komunikasi bagi ibu hamil, bidan diharapkan : ’
Mampu melaksanakan asuhan dan tindakan pemeriksaan, pendidikan kesehatan dan segala bentuk pelayanan kebidanan ibu hamil;
a) Dengan adanya komunikasi terapeutik diharapkan dapat meredam permasalahan psikososial yang berdampak negatif bagi kehamilan;
b) Membantu ibu sejak pra konsepsi untuk mengorganisasikan perasaannya, pikirannya untuk menerima dan memelihara kehamilannya.
Setiap kali kunjungan antenatal, perlu didapatkan informasi yang paling penting kunjungan pada :
a. TM pertama (sebelum minggu ke 14)
- Mendeteksi masalah dan menanganinya
- Melakukan tindakan pencegahan seperti anemia
- Mendorong perilaku yang sehat
b. TM kedua (sebelum minggu ke 28)
- Kewaspadaan khusus mengenai penyakit yang diderita ibu
c. TM ketiga (antara minggu ke 28-30)
- Palpasi abdomen untuk mengetahui ada kehamilan ganda

d. TM ketiga (setelah minggu ke 36)
- Deteksi letak bayi yang tidak normal, atau kondisi lain yang memerlukan kelahiran di Rumah Sakit

Memberikan Konseling
- Gizi : Mengkomsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, minum yang cukup
- Perubahan Fisiologi : Tambah BB, Perubahan payudara, tingkat tenaga yang bisa menuru, mual selama TM pertama, rasa panas, Varices.

Tanda-tanda bahaya kehamilan
- Perdarahan Pervaginam
- Sakit kepala ebih dari biasa
- Gangguan penglihatan
- Pembengkakan pada wajah/ tangan
- Nyeri abdomen
- Keluar cairan pervaginam
- Gerakkan janin tidak terasa

Kebiasaan yang perlu dihindari
- Bidan memberitahukan kepada ibu hamil agar ibu tersebut mengurangi garam mencegah preeklamasi
- Bidan menganjurkan kepada ibu hamil agar ibu membatasi hubungan seksual untuk mencegah abortus dan kelahiran prematur
- Bidan menganjurkan pemberian kalsium untuk mencegah kram pada kaki
- Bidan menganjurkan kepada ibu hamil agar membatasi makan dan minum untuk mencegah bayi besar




Perubahan Yang Dialami Ibu Hamil :
I. Perubahan Fisik
a. Mual Muntah
Ini dapat berlangsung sepanjang hari, pagi hari, siang hari, dapat pula sore hari, dan ada juga ibu hamil yang tidak mengalaminya. Untuk mengatasi rasa mual dan muntah, ibu dapat melakukan tindakan seperti makan makanan kaya protein dan karbohidrat karena keduanya dapat mengurangi rasa mual, bergizi baik, banyak minuman cairan seperti sop, susu atau makan buah-buahan dan sayur-sayuran serta mengkomsumsi vitamin.
b. Perubahan Payudara
Pada saat hamil, ibu hamil akan merasakan payudaranya lebih besar, terasa penuh, berat, nyeri, areola menghitam, kelenjar keringat pada areoala menjadi menonjol. Perubabahan ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen dan progesteron.

II. Perubahan Psikologi
Pada saat hamil ibu akan mengalami perubahan psikologi pada dirinya antara lain rasa ketidaknyamanan, mudah marah, perasaan tidak menentu yang tidak diketahui apa penyebab demi perasaan tersebut.

III. Perubahan Emosi
Kehamilan membuat emosi ibu menjadi lebih, oleh sebab itu bidan memberikan konseling kepada ibu hamil tersebut. Konseling yang akan diberikan bidan adalah pedoman diri yang mencakup penerimaan ibu atas kehamilannhya, sikap dan jalan keluar yang diberikan oleh bidan.

IV. Nasehat-nasehat Yang diberikan Bidan ada Ibu Hamil adalah :
- Ibu hamil agar memperhatikan makanannya
- Ibu hamil dilarang merokok
- Ibu hamil dilarang/ harus menghindari pemakaian obat-obatan
- Bekerja jangan terlalu lelah
- Ibu hamil harus istrahat yang cukup dan teratur
- Ibu hamil melakukan perawatan payudara
BAB II
WACANA

Disebuah ruangan kerja tampak seorang bidan dan kliennya sedang berbincang-bincang, ternyata itu adalah seorang ibu hamil yang hendak memeriksakan kehamilannya, ibu itu mengatakan bahwa dia sering mengalami mual yang disertaI dengan muntah. Berikut adalah percakapan yang terjadi antara bidan dan ibu hamil tersebut diruangan kerja bidan.

PROSES KONSELING BIDAN PADA IBU HAMIL
Klien : Selamat pagi, ibu Bidan !!
bidan : Selamat pagi, ada sesuatu yang dapat saya bantu ?
klien : Ya Ibu, saya sekarang dalam keadaan hamil 3 bulan, setiap hari merasa mual dan ingin muntah, tidak suka makan, rasanya badan saya tidak enak dan jengkel karena memakai pakaian menjadi tidak rapi.
Bidan : Ibu, sudah hamil bulan merasa mual dan ada kejengkelan terhadap perubahan fisik ibu !
Klien : Ya Bu..
Bidan : Sudah berapa lama ibu menikah ? dan apakah ibu sudah berkeinginan untuk mempunyai anak ?
Klien : Saya menikah sudah satu tahun dan memang ingin mempunyai anak..
Bidan : Oohh jadi ibu ingin punya anak kan ?
Klien : Ya Bu ..
Bidan : Sebentar ya Bu, Saya ukur tekanan darah ibu, permisi ya Bu .. (sambil menggulung lengan baju ibu hamil). Bagaimana perasaan ibu dengan kehamilan ini (sambil mengukur tekanan darah ibu).
Klien : Senang sekali Ibu, apalagi ini adalah anak pertama saya (sambil tersenyum).
Bidan : Pasti keluarga ibu juga senang ya bu, darah ibu normal
Klien : Berapa Ibu Bidan
Bidan : 120/ 80 mmHg
Klien : Jadi Ibu Bidan, bagaimana kehamilan saya ini ?
Bidan : Begini Bu, kehamilan ibu merupakan suatu proses dari pembuahan (konsepsi) sampai kelahiran janin biasanya 9 bulan 7 hari dan juga kehamilan Ibu merupakan proses alamiah (normal) dan bukan proses abnormal tetapi kondisi normal dapat menjadi abnormal.
Klien : Bagaimana dengan kondisi umur kehamilan saya yang sekarang ?
Bidan : Pada umumnya ibu hamil pada kehamilan 3 bulan seperti ibu akan mengalami perubahan fisik seperti yang ibu katakan tadi, mual dan ingin muntah, nanti ibu juga enggan makan dan mengidam, dan juga ada perubahan pada payudara ibu, seperti payudara lebih besar dari biasanya, terasa penuh, berat, nyeri kalau ditekan. Areola hitam. Ibu juga akan merasa letih dan merasa ngantuk, dan akan sering BAK dan perut ibu akan terasa panas, dan perut ibu akan terasa kembung dan perih
Klien : Jadi, apakah hal-hal yang harus saya lakukan ibu bidan untuk membantu mengurangi masalah atau perubahan fisik yang saya alami ?
Bidan : Ada Bu ........! kalau ibu mual muntah, ibu dapat melakukan tindakan seperti makan makanan kaya protein dan karbohidrat seperti nasi putih secukupnya, tetapi kalau ibu kurang selera makan nasi putih, ibu bisa menggantinya dengan makanan bubur beras, cracckers, dan juga ibu memakan daging-dagingan atau telur ayam dan ibu juga harus banyak minum, dan minuman yang mau ibu minum tergantung selera ibu, bisa sop, susu, koktail dan sebagainya yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah ibu. Tetapi kalau ibu merasa lebih mual dengan mengomsumsi cairan tadi, ibu bisa ganti dengan makanan padat dengan kandungan air yang lebih tinggi seperti buah, sayuran (selada, melon, jeruk). Dan ibu harus menghindari pandangan, aroma, dan rasa makanan yang membuat ibu merasa mual. Ibu bisa makan lebih sering meskipun belum merasa lapar karena bila lambung kosong, asam lambung akan menyebabkan iritasi. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak menyebabkan mual, setiap habis mual kumur dengan obat kumur yang tidak menyebabkan muntah, kalau ibu enggan makan, ibu perlu mengganti makanan dengan yang ibu sukai. Dan perubahan pada payudara ibu itu terjadi pada semua wanita hamil karena bertujuan menyiapkan ibu untuk memberi makan bayi ibu kelak bila lahir. Karena itu, ibu harus menggunakan bra yang menyokong payudara sehingga mengurangi kecendrungan mengendur. Bila ibu merasa letih, ibu perlu banyak beristirahat atau tidak banyak bekerja dan soal ibu yang sering BAK, itu wajar pada ibu hamil seperti ibu tapi ibu bisa mengurangi dengan cara memiringkan tubuh kedepan pada saat ibu BAK, dan juga ibu membatasi minum mulaim pukul 4 sore.tetapi jangan melampaui batas kebutuhan ibu.
Klien : Selain yang ibu jelaskab tadi, apakah masih ada yang harus saya perhatikan untuk menjaga kehamilan saya ini bu bidan?
Bidan : (tersenyum), masih ada..
Klien : Apa hubungannya bu meroko dengan hamil
Bidan : Kalau ibu merokok akan meyebabkan bayi lahir prematur, cacat bahkan bisa keguguran
Klien : Oooh... seperti itu ya bu bidan
Bidan : selain itu ibu harus menjaga kebersihan diri ibu, istitahat yang cukup, bekerja jangan terlalu berat,melakukan perawatan payudara, pakaian ibu jangan terlalu berat
Klien : Untuk apakah saya harus melakukan perawatan payudara, bu bidan?
Bidan : Begini bu..sebagian besar wanita hamil putingsusunya tidak menonjol, pada saat ibu tersebut relah melahirkan , bayinya susah minum ASI si ibu. Oleh sebab itu harus dilakukan perawatan payudara agar puting susu ibu menonjol dan bisa mengeluarkan ASI nantinya
Klien : Terima kasih ya bu bidan atas penjelasannya
Bidan : Sama-sama bu, semoga ibu sehat selalu dan jikalau ada keluhan atau masalah ibu jangan lupa untuk memeriksakannya, ya
Klien : Ibu bidan saya akan melaksanakan nasehat-nasehat bu bidan,karena ini menyangkut kesehatan saya dan bayi saya .apapun akan saya lakukan untuk anak saya yang pertama ini
Bidan : Bagus bu, saya senang mendengarkannya ingat ya bu, ibu harus banyak istirahat dan makan makanan yang bergizi
Klien : BAIK bu bidan permisi ya
Bidan : Hati-hati ya Bu...!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar